Definition of Something on Music

Selasa, 24 April 2012

Best 5 Album Art Dunia (menurutku :p)

Mungkin bagi sebagian orang tetapi bukan saya, fungsi dari sebuah album art pada sebuah kaset, CD, atau bahkan DVD tidak terlalu penting. Namun bagi sang empunya musik, keberadaan album art saat ini sudah dinggap penting dari era sebelumnya. Pada saat ini album art bisa digunakan untuk mewakili identitas musik pada album tersebut, bisa juga representasi artis pada saat mengemas musik itu, bahkan bisa juga album art tersebut tak berhubungan sama sekali dengan musik dan artisnya misalnya kondisi sosial budaya masyarakat, kondisi politik, kehidupan pribadi, atau sekedar bereksperimen dalam seni. Hal seperti itu sih, sah sah saja, untuk mewakili perasaan seni seseorang, apalagi seorang pemusik yang juga salah satu aktor dalam dunia persilatan seni, hehe..

Berikut ini saya mau memberikan 5 album art terbaik mancanegara dari berjuta-juta band keren yang ada di seantero dunia ini, menurut versi saya tentunya. Jadi jangan marah jika album art dari band idolamu tidak ada di list saya :p


5. Pink Floyd - Dark Side Of The Moon



Dari awal masuk kuliah atau akhir SMA ya saya pertama kali suka dengan band ini? band yang beraliran progressive rock (menurutku) ini merupakan band yang keren (sekali lagi menurutku, haha). Di album ini saya juga suka banget dengan album art nya yang merepresentasikan judul album nya "Dark Side Of The Moon" dengan menggunakan prisma segitiga untuk membiaskan warna putih menjadi spektrum warna pelangi (ini pelajaran kelas berapa ya?). Menurut analisis saya yang masih amatir ini, konsep album art nya sederhana tapi sangat cerdas, dengan menganalogikan bulan sebagai prisma yang biasanya hanya memantulkan cahaya dari matahari ke bumi, tapi kali ini justru membiaskan warna tersebut menjadi spektrum pelangi. Makanya, sang pembuat karya ini (yang namanya saya rahasiakan dulu, untuk artikel selanjutnya :p) sangat mampu untuk mengolah judul album "Dark Side Of The Moon" menjadi sebuah visual yang keren dan penuh makna ini, walaupun sekilas hampir mirip dengan Album art milik Beethoven pada tahun 1940-an yang dibuat oleh Alex Steinweiss :D



4. Architecture in Helsinki - Places like This
 


Hmm... sudah liat belum, kenapa saya memasukkan album art milik Architecture in Helsinki ini ke dalam list saya? Kalau sudah lihat ya gak perlu ada analisis saya lagi ya :p
Album yang berjudul Places like This ini menggunakan sebuah ilustrasi yang cukup rumit dan detail bila dilihat berkali-kali. Hmm, dari judulnya saja sudah ketahuan kalau band dan sang desainer grafis ini ingin menggambarkan sebuah tempat seperti yang ada di album art ini. Paling tidak itu menurut analisa saya yang amatir ini :D




3. Thom Yorke - The Eraser


Album solo vokalis Radiohead yang bertajuk The Eraser ini dirilis pada tahun 2006. Disini saya tidak membahas tentang segi musikalitas album ini, karena saya yakin pentolan dari Radiohead ini pasti awsem, haha :).. Jujur dari album ini saya hanya pernah mendengar satu lagu saja yang berjudul Analyze dan menurut saya emang awsem :d. Sedangkan dari album art nya, ya gak perlu disangkal lagi, konsep sama eksekusinya menurutku keren. Dominan dengan hitam putih, ilustrasi yang ditampilkan sudah bercerita banyak. Album art yang diambil dari karya Stanley Donwood yang berjudul London Views yang memang benar-benar terjadi di Inggris tahun 2004. Ilustrasi ini menceritakan tentang seseorang bersetelan jas dan topi hitam yang coba menghentikan air bah dari sungai Thames yang sebelumnya telah menenggelamkan gedung parlemen, menara London, dan bendungan sungai Thames. Lalu apa hubungannya dengan album ini? menurut saya, mungkin karena karya seni yang dibuat melalui linocut (kalau belum tau teknik ini silahkan cari sendiri di internet ya ^^v) berhasil memenangkan penghargaan vinyl seni terbaik 2006, dan Thom Yorke terlibat didalam pembuatannya kali ya, makanya Thom Yorke merasa bangga untuk menggunakan ilustrasi tersebut menjadi album art proyek solo perdana nya. Sekali lagi itu menurutku lho ya, jadi ya maap bila salah, :p


2. Muse - Absolution




Apa yang pertama kali terlintas dalam pikiranmu pas ngeliat gambar diatas? kalo aku se takjub, soalnya manusia akhirnya bisa terbang, hehehe ...
Gambar diatas merupakan album art dari band idolaku sejak SMP, Muse, yang albumnya bertajuk absolution. Mungkin sesuai namanya ya, album art yang eksekusinya berupa fotografi ditambah sedikit digital imaging (menurut saya) berhasil merepresentasikan sebuah keabsolutan evolusi manusia yang dimana mampu terbang laksana burung. Masalahnya yang terbang itu robot atau bener2 manusia ya? kan kalo di film2 biasanya yang posisinya seperti itu dengan telanjang badan itu robot yang dikloning jadi banyak, jadi ga tau ah ini evolusi manusia atau evolusi robot yang mau memusnahkan manusia? au a.. :p



1. Soulwax - Nite Version


Pertama lihat album art ini saya teramat sangat suka, saya kira band ini bergenre psychodelic atau semacamnya, karena jujur saya belum pernah tau band ini :d . Tapi begitu saya gugling di yahoo... iya bener, saya ngetik google di situs yahoo :p saya baru tau, ternyata Soulwax itu bergenre electronic dan musikalitasnya juga keren, gak kalah ama band semacamnya kayak Daft Punk atau band lokal Bottlesmoker. Album yang dikeluakan pada tahun 2005 yang berjudul nite Version ini memang pas kalo diputer pas malem-malem, berasa di club atau tempat hiburan malam lain deh :d. Konsep dari album art ini menurutku simple, hanya menggunakan garis diagonal berwarna magenta. Bila dilihat sekilas tentu saja kalian gak akan dapat point nya, karena didalam garis diagonal itu ada sebuah tulisan yang merupakan nam band ini dan judul albumnya. Yak benar, konsepnya adalah ilusi mata. Bila kamu tanya kenapa album art yang sangat sederhana ini bisa masuk ke dalam list album art terbaik menurutku, berarti kamu sekalian kudu liat lebih detail de :D tapi kalo gak setuju gak apa sih, toh kalian gak bisa berbuat apa-apa, karena di blog ini akulah 'Tuhan' nya :p




Sumber : Berbagai sumber, paling banyak wikipedia :D

3 komentar: